Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

tips menurunkan berat badan ibu setelah melahirkan memang perlu untuk diketahui dan dipahami dengan baik dan benar juga. Karena memang masalah ibu pasca melahirkan adalah bertambah berat badannya dan hal ini sering menjadi masalah tersendiri bagi para ibu-ibu yang sedang dalam masa menyusui pula.

Cara kiat tips mengembalikan berat badan seperti saat sebelum mengandung bisa jadi menyita waktu para ibu untuk menemukan cara yang tepat melakukan hal tersebut. Karena pada sebagian besar kaum wanita perempuan dalam hal ini adalah masalah body image.

Mendapatkan kembali berat badan ideal seperti sebelum melahirkan pastinya menjadi idaman setiap wanita. kini banyak sekali wanita yang mengeluhkan tentang sulitnya menurunkan berat badan mereka pasca melahirkan. Pada umumnya setelah melahirkan badan ibu menyusui bertambah dan semakin gemuk

Cara Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Walaupun sudah berusaha menjalankan diet sehat setelah melahirkan namun tetap saja lemak di perut sulit untuk hilang.

Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal Pasca Melahirkan


Berat badan bertambah setelah melahirkan dan diwaktu masa menyusui adalah hal yang wajar dan umum terjadi pada ibu-ibu yang baru saja selesai melahirkan baik secara normal maupun secara operasi Caesar (SC).

Bertambah berat badan ibu hamil memang dalam rangka memenuhi kebutuhan gii nutrisi janin ketika masih di dalam kandungan dan rahim. Gizi nutrisi janin terpenuhi dengan baik bila sang ibu hamil juga memberikan nutrisi yang cukup dan sehat pada dirinya ketika menjalani masa kehamilan selama 9 bulan tersebut.

Berikut beberapa Cara menurunkan berat badan ibu menyusui antara lain adalah sebagai berikut :

Konsumsi Buah Sayuran Sehat

Dengan melakukan konsumsi dan makan dengan pola makan yang sehat seperti halnya memakan sayuran dan buah-buahan akan bisa membantu menurunkan berat badan ibu menyusui setelah melalui proses persalinan. Dan juga jangan biarkan kebiasaan makan makanan junk food diteruskan setelah melahirkan.

Pola Makan Sehat

Pasca melahirkan, seorang wanita membutuhkan asupan gizi yang baik untuk menyusui. Maka dari itu, alih-alih melakukan diet ketat nan menyiksa, lebih baik anda mengatur pola makan yang lebih sehat. 

Pola makan yang sehat bisa juga diartikan sebagai "diet seimbang", yakni dengan memilih menu-menu makanan yang sehat seperti buah, sayuran, daging tanpa lemak, ikan, dan sebagainya. 

Lebih baik makan 3 kali sehari dengan menu komplit daripada makan satu kali tapi di tambah cemilan yang manis dan kurang menyehatkan misalnya cokelat, snack. 

Untuk ibu yang masih menyusui jangan lupa memperhatikan kecukupan gizi dalam makanan yang dikonsumsi. Jangan lupa banyak mengkonsumsi air
 
putih.

Selain itu, hindarilah makanan yang kurang sehat seperti gorengan, makanan yang manis, ataupun makanan-makanan yang banyak mengandung lemak.

Menyusui ASI Pada Bayi


Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa aktifitas menyusui bayi bisa membantu ibu untuk menurunkan berat badannya secara bertahap, setidaknya selama 6 bulan setelah kelahiran. Dalam proses ini sejumlah hormon akan dilepaskan ke dalam tubuh, hormon-hormon inilah yang akan membantu rahim untuk mengembalikan tubuh ke bentuk semula seperti sebelum hamil.

Aktivitas menyusui dinilai dapat membakar sekitar 600 kalori dalam sehari. Jumlah tersebut sama dengan kalori yang dikeluarkan saat bersepeda selama 1 jam.

Manfaat Menyusui Bisa Menurunkan Berat Badan Ibu

Dan salah satu manfaat menyusui adalah bisa membantu menurunkan berat badan ibu menyusui itu sendiri


Olahraga Ringan

Menjalankan aktifitas olahraga ringan bagi ibu menyusui juga merupakan bagian penting dalam usaha diet menurunkan berat badan setelah melahirkan dan di masa menyusui itu sendiri. Kita ketahui bersama bahwasannya banyak manfaat olahraga bagi kesehatan dan hal ini juga berlaku bagi pada ibu menyusui pula.

Hanya saja bentuk cara dan aktifitas olahraga berbeda dengan olahraga pada umumnya. Bercanda bercengkerama dengan anak, menggunakan aktifitas merawat anak dan rutinitas menjaga merawat anak juga merupakan bagian dari hal ini.

Diet Setelah Melahirkan


Ibu hamil maupun ibu yang baru melahirkan harus tetap memakan makanan yang sehat dengan kandungan gizi yang seimbang. Oleh karena itu, seorang ibu melahirkan pun tidak harus langsung melakukan diet karena berat badannya ketika hamil dan melahirkan. 

Hal penting yang menjadi perhatian yaitu kesehatan dan asupan gizi sang bayi selama masa pertumbuhan dan perkembangan tersebut.

Tentu untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan bukanlah hal yang mudah bagi sang ibu baru. Kondisi yang tidak memungkinkan setelah pemulihan dan sang ibu juga tidak bisa menghentikan pemberian ASI kepada bayi mereka menuntut para ibu untuk berpikir ulang menjalani program diet atau program latihan penurunan berat badan yang bisa menguras banyak tenaga.
Loading...

Leave a Comment