Tidak Bisa Lihat Objek Sejauh 3 Meter Disebut Buta?

Buta penglihatan tidak hanya berarti tidak melihat sama sekali seperti penyandang tuna netra. Ahli mata ternyata mendefinisikan kebutaan sebagai kondisi di mana mata tidak dapat melihat objek dengan jelas dalam jarak tiga meter.

“Kebutaan didenifisikan sebagai kemampuan terbaik mata untuk melihat secara tajam benda dalam jarak tiga meter atau lebih,” kata ahli mata, dr Aldiana Halim, SpM(K) dari Komite Mata Nasional.

Dengan definisi tersebut, kebutaan dapat dideteksi dengan tes melihat 3/60. Tes ini dapat dipelajari masyarakat untuk mendeteksi dini kebutaan dengan tujuan agar gangguan penglihatan dapat diatasi segera, tuturnya.

“Kita bisa lakukan tes kebutaan dengan cara sederhana. Coba minta orang lain untuk berdiri dengan jarak tiga meter dan tunjukkan angka dengan jari minimal empat kali. Kalau empat kali tidak bisa menebak dengan benar, itu masuk kategori buta,” jelasnya.

Meski demikian, ini bukan berarti seseorang tidak dapat melakukan apa-apa untuk memperbaiki penglihatan mereka. Setelah memeriksakan mata ke dokter, gangguan penglihatan mungkin bisa diperbaiki dengan pemasangan alat optik atau tindakan medis yang sesuai.

“Dengan deteksi dini, kita akan sadar bahwa mengembalikan kebutaan sangatlah mudah. Hanya dengan memakai kacamata, seseorang bisa kembali kemampuan melihatnya. Orang yang alami kebutaan karena katarak juga bisa kembali normal dengan tindakan operasi di lensa mereka,” tutupnya, saat ditemui dalam konferensi pers Hari Penglihatan Sedunia di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jumat (7/10/2016)

Loading...

Leave a Comment