Setelah dua tahun jalani diet hingga operasi, penampilan Arya Permana bocah obesitas kini jadi sorotan

Masyarakat sempat dihebohkan dengan seorang bocah obesitas dengan berat badan nyaris 200 kg bernama Arya Permana. Dilansir dari Kompas.com, dua tahun lalu berat badan Arya mencapai 192 kg, namun kini berat badannya turun drastis.

Arya berhasil melakukan diet sehat dan menurunkan berat badan sampai 102 kg, penampilan Arya Permana sekarang terlihat segar.

Saking gemuknya, Arya harus jalani operasi

Bocah 13 tahun ini telah berhasil melakukan operasi penyempitan lambung. Usai menjalani operasi, ia juga berhasil menurunkan berat badan hingga 102 kg. Kini berat badan Arya hanya 90 kg.

Hal ini diketahui dari kedua orang tua Arya Permana, Ade Somantri dan Rokayah saat diwawancarai acara Selebrita Pagi yang ditayangkan akun Youtube Trans7 pada (28/11/2018).
"Ya Alhamdulillah ya, untuk saat ini kesehatan Arya sangat-sangat bagus. Dulu tahun 2017 itu tepatnya tanggal 17 April 2017 Arya dilakukan operasi penyempitan lambung di RS Omni Alam Sutera," cerita Ayah Arya.

"Yang awalnya dulu pas dioperasi (beratnya) 192 kg, dari dulu sampai sekarang, alhamdulillah kemajuannya sangat pesat. Yang awalnya BBnya ada 192, alhamdulillah sekarang Arya berat badannya ada 90 kg," tambah Ayah Arya.

Kini Arya lebih leluasa beraktivitas

Selain menjadi lebih kurus dan segar, Arya Permana kini lebih leluasa bergerak dan beraktivitas.
Dulu saat ia masih seberat 192 kg, Arya Permana hanya bisa duduk bersandar pada tembok untuk menghabiskan hari-harinya. Bahkan saat tidur, ia hanya mampu terbaring dan tengkurap di kasur.
Kini Arya sudah bisa duduk bebas sambil menekuk kedua tangannya yang dulu sulit untuk ia lakukan saat gemuk.

Sempat kesulitan mencari baju saat ia masih gemuk

Bahkan dulu ia kesulitan dalam mencari pakaian yang pas dengan ukurannya hingga ia lebih memilih bertelanjang dada dan memakai sarung dalam sehari-hari. Kalaupun harus memakai baju, ibunya mengaku harus menjahit sendiri karena tak ada yang menjual pakaian dengan ukuran badan Arya.

"Waktu dulu dijahitkan, kalau sekarang, mah, udah bisa beli di pasar. Arya yang ini bajunya udah bisa saya beli di Pasar Roji. Kalau Arya sekarang bajunya pakai ukuran XL" cerita Rokayah.

Pola makan Arya kini diatur

"Arya sekarang makannya diatur cuma 5 sendok makan sama lauknya satu. Kalau pakai sayur ya satu mangkok, sekarang nggak banyak-banyak, tapi cemilan nggak." tambah Rokayah.

Rokayah juga mengungkapkan rasa bahagianya melihat perkembangan anaknya yang begitu pesat.

"Ya seneng saya sekarang, waktu dulu mah merasa sedih. Sekarang seneng lihat Arya bisa olahraga, jalannya jauh, sekolah bisa aktif lagi, bisa bawa motor." Pungkas Rokayah.

Penampilan Arya kini

Terlihat baju yang dulu dikenakan Arya, kini banyak yang longgar. Hal itu membuktikan bahwa diet yang dilakukan Arya selama dua tahun lebih ini tidak sia-sia.

Loading...

Leave a Comment