Miris! Fenomena Anak WNI Tidak Bisa Bahasa Indonesia

Jaman sekarang di era digital natives, rasanya anak-anak memang perlu menguasai Bahasa Inggris. Terutama untuk perkembangan karier mereka nantinya. Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti S2 atau S3 saja dibutuhkan penguasaan Bahasa Inggris yang baik, seperti misalnya TOEFL atau IELTS.

Pakar psikologi anak, Seto Mulyadi atau yang lebih dikenal dengan sapaan Kak Seto, menilai pengajaran bahasa asing kepada anak sejak usia dini sah-sah saja. Namun jika kelak anak-anak tidak bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar atau bahkan jadi tidak mengenal bahasanya sendiri, bukan salah anaknya, tapi kemungkinan adalah lingkungan sekitar atau pergaulan anak-anak. Bagaimana anak bisa berbahasa Indonesia yang baik dan benar kalau orangtua, teman-teman, dan lingkungan sekitarnya tidak mengenalkan, mengajarkan atau menggunakan bahasa Indonesia dengan baik?

Simak video pengalaman dari Ananda Sukarlan, seorang master pianis Spanyol asal Indonesia saat berkunjung ke kampung halamannya, yang terheran-heran mengetahui banyak anak Indonesia yang cerdas dan berbakat, tetapi tidak bisa berbahasa Indonesia.

 

Bunda, mengajarkan dan membiasakan anak dalam berbahasa Inggris itu memang baik sekali karena ini juga memudahkan mereka untuk berbicara dengan orang asing karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional, sehingga kedepannya sebagaimana anak bangsa bisa bersaing di dunia internasional. Tetapi lantas janganlah kita sebagai orang Indonesia lebih fasih berbahasa Inggris daripada berbahasa bahasa negerinya sendiri.

Kita boleh-boleh saja berbahasa Inggris karena ini adalah suatu prestasi yang bagus, tetapi jangan sampai kita lupa dengan Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia adalah satu bahasa yang bisa membuat seluruh pulau-pulau di seluruh Indonesia menjadi satu. Bangsa Indonesia memiliki banyak sekali dialek dan bahasa lain, tetapi Bahasa Indonesialah yang menyatukan bangsa Indonesia.

Tidak bisa dipungkiri bahwa bahasa Inggris memiliki kumpulan kata yang sangat kaya dibandingkan bahasa Indonesia, tetapi bukan karena itu, kita lalu tidak mau berbahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia adalah identitas bangsa dan oleh karenanya kita harus bangga. Adalah kewajiban orangtua dan guru untuk mengajarkan anak-anak berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Penguasaan bahasa Indonesia haruslah sebanding dengan bahasa Inggris. Namun bagaimana jika anak lebih menguasai bahasa Inggris? Tentunya kembali pada kebiasaan anda sebagai orangtua, apakah lebih bangga berbahasa Inggris atau bahasa Indonesia?

Loading...

Leave a Comment