Mengejutkan! Gempa Bumi yang Dirasakan Malam Ini Ternyata Sudah Diramalkan!

Gempa bumi yang mengguncang pulau Jawa pada malam 15 Desember 2017 ternyata sudah diramalkan. Ramalan tersebut disampaikan lewat surat yang ditujukan ke Perdana Menteri India, Narendra Modi pada 20 September 2017 silam. Surat itu menyebut bahwa konon akan terjadi gempa dan tsunami dahsyat di Samudra Hindia.

Melansir Liputan6, Jumat (15/12/2017), surat yang dikirim oleh Babu Kalayil kepada PM India itu mengklaim punya extrasensory perception (ESP) alias indra keenam.

“Di Samudra Hindia, gempa bumi akan terjadi sebelum 31 Desember 2017. Gempa dahsyat ini bisa mengguncang seluruh pesisir wilayah benua Asia,” tulis dia dalam suratnya pada PM India, seperti dikutip di situs anti-hoax, Snopes.com.

“Sebelas negara akan terdampak: India, China, Jepang, Pakistan, Nepal, Bangladesh, Thyland (Thailand), Indonesia, Algantstan (Afghanistan), Sri Lanka, dan akan berlanjut ke negara-negara Teluk,” tambahnya- terlihat banyak salah ketik atau typo dalam surat itu.

Meski demikian, ramalan yang tak didukung bukti ilmiah tersebut diragukan oleh sejumlah ilmuwan. Dr Mohd Hisham Mohd Anip dari Badan Meteorologi Malaysia mengatakan, tak ada bukti ilmiah yang menunjukkan ramalan itu perlu dikhawatirkan.

“Tak ada indikator ilmiah yang menunjukkan terjadinya gempa dan tsunami besar di Samudera Hindia pada akhir tahun. Ia (peramal) hanya memprediksi berdasarkan dugaan,” kata dia kepada The Sun Today.

Hal senada juga diungkapkan Deputi Bidang Geofisika BMKG, Muhamad Saldy. Dia menegaskan, ramalan tersebut tak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

“Karena cakupan dampak yang disebutkan sangat luas dan sulit diterima dalam ilmu kegempaan (seismologi),” kata Saldy.

Namun gempa berkekuatan 7,3 SR yang berpusat di Tasikmalaya dan nyaris terasa di seluruh pulau Jawa pada Kamis (15/12/2017) malam, membuktikan bahwa ramalan tersebut tak sepenuhnya hoax atau berita bohong.

Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG baru-baru ini menunjukkan bahwa dampak gempa tersebut berpotensi menimbulkan tsunami di wilayah pesisir selatan pulau Jawa.

Loading...

Leave a Comment