Lebih Baik Melahirkan Dengan Caesar atau Normal?

Sebagai pengakhir dari masa kehamilan dan yang selalu ditunggu-tunggu adalah melahirkan. Secara normal melahirkan seorang anak terjadi melalui organ intim kewanitaan. Namun, jika yang terjadi ternyata menemukan komplikasi, maka mau tidak mau harus dilakukan melalui prosedur bedah atau yang biasa disebut dengan operasi Caesar. 

Namun seiring dengan perkembangan teknologi pada saat ini ternyata banyak sekali wanita yang memilih atau ditawarkan untuk melahirkan melalui operasi Caesar. Mungkin dengan alasan biar tetap rapet ataupun alasan-alasan yang lainnya. 

Akan tetapi yang jadi pertanyaan, apakah memilih untuk melahirkan dengan cara Caesar benar-benar aman dan menguntungkan? Berikut ini adalah pembahasan singkat yang bisa Anda baca untuk memahami keduanya, yakni melahirkan secara normal dan melahirkan secara Caesar.


Kelahiran secara normal 

Melahirkan secara normal terjadi melalui jalan lahir dari seorang ibu. Dalam hal ini ada tiga tahapan yang akan membuat mudah dalam melahirkan. Pertama, pelebaran jalan lahir atau pembukaan. Tahap kedua adalah puncak di mana bayi tersebut dilahirkan. Dan tahap yang ketiga adalah pemotongan tali pusat, atau tali pusar atau istilah medisanya pemotongan plasenta. 

Kelahiran secara Caesar 

Sedangkan melahirkan dengan melalui Caesar yaitu melibatkan operasi atau pembedahan pada bagian perut dan membuka Rahim untuk diambil bayinya. Setelah bayi dan plasenta diangkat langkah selanjutnya yaitu menjahit bagian yang tadi dilakukan pembedahan. 

Perbedaan antara kelahiran normal dan sesar 

Jika membaca dari keterangan di atas meskipun sama-sama hasil akhirnya adalah bayi dilahirkan namun keduanya tentu berbeda sekali dalam pelaksanaannya. Namun yang pastinya, banyak pro dan kontra dari masyarakat terutama kaum perempuan untuk kedua metode melahirkan tersebut. 

Ketika seseorang wanita yang hamil memilih melahirkan dengan cara persalinan normal, maka wanita tersebut harus berjuang dan menahan rasa sakit saat melahirkan. Rasa sakit ini mungkin akan bertahan hingga 36 jam dan mungkin bisa kurang. Tapi setelah itu rasa sakit akan cepat reda sepenuhnya. 

salah satu manfaat yang paling penting dari persalinan secara normal adalah, si ibu bisa kembali bekerja seperti biasanya pada hari-hari berikutnya atau beberapa hari setelah kondisinya membaik. Karena tidak ada salah satu bagian yang dibedah dan dijahit, jadi si ibu tidak harus sering-sering pergi ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. 


Melahirkan dengan cara normal, selain bayi yang dilahirkan juga sudah benar-benar matang sebelum dilahirkan, memiliki paru-paru yang sehat dan kuat dari segi biaya persalinan juga lebih muran jika dibandingkan dengan biaya melahirkan dengan Caesar. Selain itu dalam hal perawatan pasca persalinan juga tentunya lebih mudah. 

Namun adakalanya Caesar juga harus dilakukan karena adanya komplikasi yang sangat serius ketika proses melahirkan. Dan jika saja Anda khawatir dengan rasa sakit saat mau menjalani persalinan maka memilih melahirkan dengan cara Caesar mungkin bisa mengatasi ketakutan Anda.


Dibandingkan dengan melahirkan secara biasa, dengan melakukan Caesar Anda harus siap-siap untuk menahan rasa sakit lebih lama karena melibatkan operasi, sehingga mau tidak mau aktifitas normal Anda akan terganggu. Bahkan Anda tidak akan pernah bisa memberikan perhatian secara penuh untuk bayi yang baru saja Anda lahirkan. 

Selain itu, biaya persalinan juga lebih mahal jika dibandingkan dengan proses melahirkan secara normal. Dengan demikian, kita semua dapat menyimpulkan bahwa menjalani persalinan dengan normal merupakan salah satu cara alami yang akan membawa bayi Anda terlahir ke dunia. 

Keadaan tertentu yang memaksa untuk melahirkan dengan operasi Caesar tentunya wajib dilakukan demi keselamatan ibu dan bayi yang mau dilahirkan. Namun bagi Anda yang tidak menemukan komplikasi, memilih untuk melahirkan dengan normal mungkin adalah solusinya. Dan jika hanya ketakutan dalam menghadapi persalinan maka konsultasi kepada dokter yang ahli dibidangnya adalah merupakan cara yang tepat bagi kelangsungan persalinan Anda.

Loading...

Leave a Comment