Inilah 9 Fakta tentang Dubai yang Nggak Banyak Orang Tahu, Bahkan Para Ahli Sampai Ikutan Binggung

Dubai jadi kota yang paling cepat berkembang di dunia. Tahun 1960-an, kota ini masih berupa gurun tandus dan bangunan yang ada hanya bisa dihitung dengan jari. Kini kota terpadat di Uni Emirat Arab (UEA) ini telah berubah drastis. Siapa yang mengira, kota yang kebanyakan terdiri dari gurun pasir ini memiliki resor ski yang luas. Nggak cuma itu, 9 fakta tentang Dubai ini bakal bikin kamu tercengang. Langsung scroll ke bawah, yah!

1. Mobil sport di Dubai emang banyak, tapi fakta di baliknya bikin miris.

Satu hal yang wajar saat polisi terlihat berpatroli menggunakan mobil mewah seperti Aston Martin, Ferrari atau Mercedes. Mobil sport ini kebanyakan digunakan untuk pameran atau sebuah pertunjukan. Tapi kadang-kadang polisi memakainya untuk berpatroli di sekitar para turis.

Berkat pertumbuhan ekonomi yang melesat, memang banyak orang Dubai mampu membeli mobil mewah. Tapi sayangnya ribuan mobil dengan performa tinggi ini ditinggalkan begitu saja di Dubai. Sebagian besar dibeli sebelum krisis keuangan pada tahun 2009. Kerika ekonomi ambruk, banyak orang terlilit hutang, mobil-mobil ini ditinggalkan begitu saja karena menghindari membayar pajak.

2. Penduduk asli Dubai hanya 23% dari keseluruhan, sisanya adalah imigran.

Hanya 23% penduduk asli yang tinggal dan lahir di Dubai, sementara 77% sisanya adalah imigran. Mereka adalah pekerja yang membangun gedung baru. Kebanyakan dari mereka berasal dari Pakistan, India dan Bangladesh. Jangan bayangkan mereka hidup mewah, gaya hidup mereka jauh berbeda dengan warga UEA.

3. Terkadang kamu melihat hewan peliharaan tak biasa yang dirawat orang Dubai.

Selera orang dalam memelihara hewan memang beda-beda. Syaikh kaya dan para pebisnis di Dubai bisa merawat cheetah, macan hingga singa di rumah mereka. Tapi itu dulu. Kini hewan peliharaan tersebut dianggap ilegal di UEA. Negara ini telah mengeluarkan undang-undang yang melarang kepemilikan hewan liar dan berbahaya sebagai peliharaan.

4. Warga Dubai baru saja diwajibkan membayar pajak

Dulu, Dubai adalah kota yang bebas pajak. Aturan perpajakan baru saja dilaksanakan 10 tahun terakhir setelah jatuhnya ekonomi kota tersebut. Alasan utama penerapan ini adalah upaya meningkatkan pendapatan Dubai. UEA menerapkan PPN dengan tarif 5% pada 1 Januari 2018 . Tapi, hampir 100 produk, layanan perawatan kesehatan, dan pendidikan masih bebas pajak.

Tarif PPN di UEA cukup rendah dibandingkan dengan standar dunia. Sektor ritel UEA juga akan dilindungi dan kenaikan harga tidak akan mengejutkan bagi orang dengan pendapatan rendah.

5. Dubai menjadi kota yang memiliki perubahan yang sangat cepat

Menurut City Momentum Index tahun 2014, Dubai adalah salah satu negara yang berkembang sangat cepat. Begitu cepat, sehingga ada 45 stasiun bawah tanah yang dibangun selama 3 tahun. Ditambah lagi, Dubai saat ini membangun taman hiburan terbesar yang disebut Dubailand yang mencakup pulau dan resort buatan.

6. The Burj Khalifa Hotel, akomodasi mewah dengan dekorasi dari emas 22 karat

The Burj Khalifa adalah salah satu hotel paling mewah di dunia. Akomodasi mewah ini terlihat menawan dengan dekorasi emas seluas 8.000 meter persegi.

7. Balapan unta di Dubai dioperasikan oleh robot

Balap unta di Dubai kini ditunggangi oleh robot. Biaya robot yang digunakan dalam balapan unta ini bervariasi, mulai dari 3.000 hingga 10.000 dolar. Dari tahun ke tahun, makin banyak orang tertarik dengan lomba ini.

8. Dubai akan segera memiliki kota di bawah kubah yang mengalahkan Monaco

Dubai akan segera memiliki wilayah seluas 4,5 juta meter persegi di berlokasi di bawah kubah. Daerah ini dilengkapi dengan teater, mall, hotel dan taman. Bagunan ini dibangun khusus untuk pejalan kaki yang akan mendapatkan sentuhan teknologi komputer untuk memastikan iklim yang nyaman.

9. Dubai memiliki resort ski dalam ruangan yang nyaman

Sebuah resor ski dalam ruangan seluas 22.500 meter persegi terletak di mal terbesar di Dubai. Resor ini juga dilengkapi dengan gunung dalam ruangan setinggi 85 meter dan 5 lereng sepanjang 400 meter. Bersebelahan dengan lereng terdapat area taman bermain seluas 3.000 meter persegi yang terdiri dari jalur kereta luncur, seluncur es dingin, menara pendaki, bola salju raksasa dan gua es.

Dubai memang kota dengan sejuta fasilitas modern yang memanjakan.

Bagaimana, apakah anda ingin juga liburan ke Dubai?

Loading...

Leave a Comment


Loading...