Cara tepat atasi mata kelilipan

Setiap gangguan pada mata harus diperhatikan dan diatasi dengan benar. Jangan sampai menggampangkan gangguan mata ringan hingga berakibat infeksi serius bahkan sampai mennyebabkan masalah penglihatan secara permanen.

Gangguan pada mata yang sering dialami oleh beberapa orang pada umumnya adalah masuknya benda asing ke mata atau biasa disebut kelilipan. Entah itu berupa debu, rambut, atau bahkan batu kecil. Gangguan mata kelilipan ini jelas sangat mengganggu, apalagi saat Anda berkendara di jalan raya.

Kebanyakan orang akan langsung mengusap, menggosok-gosok / mengucek-ucek matanya saat mengalami kelilipan. Hal ini dimaksudkan agar benda asing yang masuk ke dalam kelopak mata bisa keluar. Namun, kebiasaan ini adalah keliru. Apapun benda asing yang masuk ke dalam kelopak mata, jelas tidak boleh mengosok / mengucek mata, karena malah akan membahayakan retina mata.

Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, berikut beberapa cara yang perlu dilakukan saat mata kelilipan, seperti dijelaskan Dr. Miriam Stoppard dalam buku karangannya yang berjudul “Parenting Guide”:

1. Jangan disentuh atau digosok

Saat mata kelilipan, minta korban untuk tidak menyentuh atau menggosok matanya. Hal ini untuk mencegah jaringan mata rusak karena gesekan benda asing. Minta korban untuk duduk menghadap ke sumber cahaya. Tarik kelopak mata atas atau bawah dengan lembut dan amati baik-baik benda apa yang masuk ke matanya.

2. Gunakan air bersih

Jika benda asing itu mengambang di permukaan mata, Anda bisa mengeluarkannya dengan cara membilasnya dengan air bersih. Anda juga bisa memakai cawan pembersih mata berisikan air bersih.

3. Cotton bad atau tisu

Jika benda tersebut tidak keluar juga, Anda bisa mengangkatnya dengan bantuan korek kuping (cotton bad) yang sudah dibasahi secara perlahan. Benda lain yang bisa digunakan adalah tisu dan kain bersih yang sudah dibasahi. Tapi jangan lakukan jika benda asing itu tertanam pada mata.

4. Menarik kelopak mata

Jika benda asing itu berada di bawah kelopak mata atas, mintalah korban untuk menarik kelopak mata atas sampai melewati kelopan bawah. Cara ini biasanya berhasil untuk membuat benda asing itu terlepas.

5. Gunakan obat tetes mata

Cara aman, terutama untuk mengatasi mata kelilipan pada anak dan bayi adalah dengan meneteskan obat tetes mata. Lakukan sesuai petunjuk dan dosis, cara ini biasanya ampuh  sehingga butiran debu/kotoran yang masuk ke dalam mata keluar dengan alami.

Semoga tips di atas membantu mengatasi mata kelilipan. Jika benda asing tak kunjung hilang dan sangat menyiksa, sebaiknya hubungi dokter untuk melakukan penanganan yang tepat secara medis. Cara di atas juga belaku untuk anak-anak.

Loading...

Leave a Comment