Cara Membuat Pie Susu dengan Panci Teflon

Suka makan pie susu? Saya juga suka :D. Sekali dua kali gigitan pasti udah habis bener nggak? Soalnya pie susu kan kecil-kecil. Nah, sekarang lagi tren bikin pie susu yang segede piring makan 24 cm.
 

Resep pie susu segede piring si ibu Wahyuni itu viral dishare kemana-mana. Kenapa jadi viral? Soalnya cara membuatnya cuma pakai teflon saja. Serius! Mulai dari bikinnya, nyampurnya semua dipanci penggorengan teflon saja. Tanpa mixer dan tanpa oven juga plusnya, makanya banyak yang pengen nyobain bikin sendiri. Hehehe.
 
Akhirnya resep itu sampai digrup facebook Langsung Enak dan mulai dicoba banyak anggotanya. Karena penasaran, bener tidak itu pie susu bisa jadi cuma pakai panci teflon. Saya juga gitu ikutan penasaran pengen nyoba. Makanya pas lihat isi kulkas ternyata kebetulan ada semua bahannya, saya langsung mencoba resep pie susu pakai teflon ini hehehe. Cuma resep asli saya modif dikit sesuai selera ^^. 
 
Oh iya, pie susu sama egg tart sama tidak? Sebenarnya sama, mulai dari adonan sampai flanya. Cuma kalau pie susu di Indonesia suka ditambah macam-macam. Kayak topping coklat, kacang, meses dan lain-lain terserah yang bikin.
 
Ya sudah, ini dia caranya beserta triknya ya biar lebih mudah membuatnya.
 
Bahan yang dibutuhkan 

1. Tepung terigu 250gram
2. Telur utuh besar1 butir
3. Mantega 100gram ( saya pakai mantega75gram dan butter 25gram)
4. Maizena 1 sendok makan + 100ml air matang ( aduk rata )
5. Susu kental manis 250ml
6. 3 butir kuning telur
 
pie susu pakai teflon
 
 
Cara membuat :
 
1. Siapkan wajan atau panci teflon untuk penggorengan. Bersihkan ya jangan sampai ada kerak bekas goreng makanan sebelumnya. Tapi saya sendiri sebenarnya rada aneh membuat adonan di panci teflon hehehe. Kalau misalnya mau bikinnya di wadah biasa sih tidak apa-apa, senyamannya saja.
 
Pancinya harus teflon ya? Yang pasti panci penggorengan yang tidak membuat lengket ^^. Saya pakai panci teflon maxim saja kok ^^.
 
2. Masukkan 250 gram tepung dan 100gram mantega 

 

 
3. Aduk rata kedua bahan hingga menyatu

 

 

4. Masukkan 1 butir telur utuh

 
 
5. Aduk rata sampai kalis. Saya sebenarnya lebih suka mengadon seperti ini pakai tangan seh (pakai plastik sarung tangan gitu). Lalu ratakan dalam penggorengan teflon adonannya dengan bagian atasnya ditekuk kedalam semua. Tebal kulitnya terserah selera masing-masing. Cuma si papih suka kulitnya tebel seh. Sisihkan.
 
Saya sendiri lebih suka kalau sebelum adonan kulit ditata diteflon, pancinya diolesi mantega dulu ^^.
 
Adonan kali lalu mulai ratakan kepinggir
 
6. Ditempat terpisah, campur 250 susu kental manis dan 3 butir kuning telur. Aduk rata sampai menyatu semua ya.

 
7. Masukkan campuran maizena dan air kedalam telur dan susu tadi. Aduk rata kembali. Ini harus sampai rata ya ngaduknya soalnya penentu fla jadi mulus :D

 
8. Masukkan ketengah adonan di teflon tadi
 
 
Pie susu menggunakan panci teflon
 
9. Ada dua cara untuk memasukkan flanya kedalam adonan kulit. Yang pertama seperti cara diatas, yang kedua campuran susu, telur, air dan maizena dimasak terlebih dahulu diapi kecil banget sambil diaduk terus. Setelah agak panas, baru tuang keadonan dipanci. 
 
Saya lebih suka pakai cara yang kedua seh. Soalnya masak pie susu pakai teflon ini perlu waktu yang lumayan lama. Daripada gasnya boros, mending saya masak dulu bentar saja fla-nya. Jadi kita tidak perlu nunggu lama kan. Hehehe.
 
10. Masak pie susu dengan api kecil banget (nyaris mati) dengan ditutup dibagian atasnya ya.Masak selama 30-1 jam (tergantung kematangan). Lihat jangan sampai gosong bawahnya. Kalau diresep asli katanya cuma 15 menit, tapi 2 kali saya nyoba tidakpernah bisa matang kalau cuma 15 menit xD. Kecuali apinya besar dan bisa-bisa jadi gosong dong hehehe.. Jadi saya cari aman lebih baik masak agak lama dengan api yang suangat kecil. 
 
Salah satu cara biar tidak gosong kulit pienya dan fla sudah matang ya pakai cara kedua masukkan adonan fla-nya. Yaitu dengan masak fla dengan terus diaduk pakai api kecil sampai panas saja baru masukkan ke adonan kulit. ^^.

 

11. Tara, ini hasilnya ^^. Butuh waktu 30-1 jam tergantung kompornya yak ^^.

 
pie susu pakai teflon
 
 
Oh iya, fla yang ada ditengah pie susunya halus dan mulus banget. Dan kulit pie juga tidak gosong ^^. Intinya ya itu, kudu dimasak pakai api kecil banget nyaris mati ^^. Karena kalau apinya kebesaran, pasti hasilnya beda. 
 
Cara penyajiannya kembali keselera masing-masing ya. Saya lebih suka dimasukkan kekulkas dulu sampai dingin baru dimakan. Tapi dimakan hangat juga enak-enak saja seh. Selera masing-masing ^^.
 
 
pie susu pakai teflon
 
 
Pie susu menggunakan panci teflon
Yummy

Setelah mencoba, hasilnya memang enak dan manis.
Loading...

Leave a Comment


Loading...