Baru 5 Hari Tayang, Film Dilan Sudah Ditonton 1,6 Juta Orang Lebih! Ternyata Ini Istimewanya

Hanya dalam lima hari penayangannya di seluruh bioskop Indonesia, sejak pertama diputar di layar lebar Kamis (25/1/2018), film garapan sutradara Fajar Bustomi itu telah ditonton lebih dari satu juta orang.

Begitu laris filmnya, Fajar pun sepertinya berencana akan membuat dua film lanjutan Dilan.

Dilansir dari filmindonesia.or.id, jumlah penonton film yang dibintangi Vanesha Prescilla (18) sebagai Millea dan Iqbaal Ramadhan (18) yang memerankan Dilan tersebut, sampai Selasa (30/1/2018) petang, sudah pencapai angka 1.295.998 orang.

Namun melalui akun Instagramnya, Fajar mengumumkan, jumlah penonton film garapannya itu sudah berada di angka 1.654.000 orang.

Tidak ada kata lainnya yang disampaikan Fajar selain bersyukur atas capaian itu.

“Semua karena Allah dan penonton film Dilan yang baik. Terima kasih,” kata Fajar.

Fajar tetap optimis, jumlah penonton film Dilan 1990 akan terus bertambah banyak.

Toh, belum ada satu minggu film yang kisahnya diangkat dari novel populer karya Pidi Baiq itu ditayangkan bioskop.

Sutradara dan produser film Ernest Prakasa (35) bahkan yakin, penonton Dilan 1990 bisa melebihi film remaja lainnya, seperti Ada Apa dengan Cinta (AAdC) 2 (2016).

Saat diputar di bioskop dua tahun lalu, AAdC 2 ditonton lebih dari 3,6 juta, atau London Love Story (2016) yang tercatat ditonton lebih dari 1,5 juta orang.

Yan Wijaya, pengamat film Indonesia, menyatakan, hanya dalam waktu yang relatif singkat, Dilan 1990 mencapai rekor jumlah penonton terbanyak, yaitu 1.645.620 orang.

Yan juga meramalkan, jika mampu bertahan dan terus diputar di bioskop, setidaknya selama tiga minggu saja, penonton film Dilan 1990 diperkirakan bisa mencapai lebih dari 3 juta orang.

Menurut Yan, Dilan 1990 cukup sukses menggebrak industri film dalam negeri seiring larisnya novel Dilanku 1990.

“Sudah sepantasnya (Dilan 1990) ditonton banyak orang karena paduan tiga unsur yang menyatu, yaitu kepopuleran novel karya Pidi Baiq, keterampilan sutradara Fajar Bustomi dan keapikan akting duet dua remaja; Iqbaal dan Vanesha,” kata Yan.

Pencapaian menggembirakan itu pun juga turut membuat Iqbaal senang.

Bagaimana tidak, Dilan 1990 adalah film pertama Iqbaal tanpa memakai embel-embel boyband CJR (Coboy Junior Reborn) yang telah membesarkan namanya.

Walau memiliki pengalaman berakting, namun eks personel CJR ini tertantang di film terbarunya itu.

“Dilan dan Iqbaal adalah dua karakter berbeda, sekaligus menjadi tantangan terbesar saya karena ini film yang ceritanya diadaptasi dari novel besar,” kata Iqbaal yang sebelumnya selalu bermain layar lebar bareng CJR, seperti CJR The Movie: Lawan Rasa Takutmu (2015).

di film ini, Iqbaal memainkan karakter Dilan, pelajar SMA asal Bandung, Jawa Barat, yang jatuh cinta pada Milea, siswi pindahan dari Jakarta.

Untuk memikat gadis idamannya itu, Dilan melakukan beragam cara yang unik, seperti ungkapan-ungkapan yang belakangan ini kerap diplesetkan menjadi meme yang lucu-lucu dan meramaikan media sosial beberapa hari terakhir ini.

Iqbaal juga mengaku di kehidupan sehari-harinya tidak seromantis Dilan.

“Dilan ini pintar memainkan kata-kata baku, itu juga yang jadi tantangan buat saya,” ucap Iqbaal yang kini melanjutkan kuliahnya di Armand Hammer United World College, New Meksiko, Amerika Serikat.

Dari Pidi, Iqbaal bisa mengubah diri menjadi cowok romantis lewat permainan kata.

Begitu larisnya, Fajar dan Pidi berencana membuat dua film lanjutan kisah Dilan, yakni Dilan Bagian Kedua: Dia adalah Dilanku Tahun 1991 dan Milea: Suara dari Dilan.

“Dilan diangkat dari tiga novel best seller. Sudah terbit tiga seri. Sekuel itu kami rencanakan dibuat satu per satu, tiga novel untuk tiga film,” kata Fajar belum lama ini.

Jika sesuai rencana, proses produksi film Dilan 1991 akan dilakukan medio Juli 2018 saat Iqbaal libur kuliah supaya bisa kembali ke Indonesia, sekaligus banyak sekolah di Indonesia yang tidak terpakai dan bisa dipakai sebagai lokasi syuting karena juga bersamaan waktunya liburan.

Wah jadi penasaran! Bagaimana dengan anda? Apakah anda termasuk dari 1,6 juta penonton itu?

 

Loading...

Leave a Comment


Loading...