Aneh! Seekor Ular King Cobra 'Bertapa' 4 Tahun, Panji Petualang Pun Ungkap Penyebabnya

Beberapa hari ini, netizen di hebohkan dengan adanya berita mengenai seekor ular king kobra di Desa Anjir Serapat Barat, Kapuas, Kalimantan Tengah, yang tidak pernah berpindah tempat selama empat tahun. Melansir dari tayangan Indonesia Morning Show (IMS) Net TV, king kobra tersebut diketahui berdiam di sebuah kebun karet milik warga.

"Ada yang melihat warga sini, sudah kurang lebih empat tahun, Ular itu menetap di situ, tidak pindah-pindah," kata Ketua RT setempat, Handriansyah.

Hal tersebut langsung mencuri perhatian warga sekitar, banyak dari mereka berbondong-bondong mendatangi lokasi reptil berbisa tersebut. Bahkan, ada yang mengabadikan ular king kobra tersebut menggunakan kamera ponsel.

Hebohnya fenomena ular king kobra yang disebut tak pernah berpindah selama empat tahun ini pun juga mendapat komentar dari Panji Petualang. Dalam sebuah video yang diunggah di chanel Youtube pribadinya, Panji Petualan tidak percaya kalau ular tersebut diam di tempat yang sama selama 4 tahun.

Begini katanya: "Jadi, ini bisa dijelaskan secara logika, teman-teman. Yang pertama, kalau ular ini enggak geser ke mana-mana, pasti ular ini (akan) mati. Kecuali ular ini jin atau ghaib, enggak makan pun bisa hidup. Enggak mungkin diam terus di tempatnya,".

 

Menurut Panji, king kobra pasti akan berpindah tempat untuk mencari mangsa. Bila, tidak, ujarnya, maka ular tersebut akan mati. Untuk mempertegas pendapatnya, Panji juga menjelaskan seperti apa mengenai ciri-ciri king kobra. "Kalau pun dia diam di situ, kalian harus tahu, king kobra adalah ular teritorial atau yang memiliki area jelajah yang khusus. King kobra ini punya wilayah huni. Jadi dia punya wilayah kekuasaan, terutama untuk king kobra jantan," ujarnya

King kobra bisa saja berdiam diri, kata Panji, tapi ada alasannya. Menurutnya, king kobra betina cenderung berdiam diri dalam waktu lama. Tujuannya untuk mengerami telur atau menjaga sarang. "King kobra itu, satu-satunya ular yang membuat sarang lalu sarangnya dijaga sampai anaknya menetas," jelasnya.

Panji Petualang menyebut ada dua kemungkinan yang terjadi pada king kobra di Kapuas. "Bisa jadi ini king kobra betina yang sedang jagain telur. Berhubung warga tidak berani mendekat, maka disebutlah king kobra ini seperti sedang bertapa," ujarnya.

Kemungkinan kedua, ular tersebut adalah ular jantan yang memiliki area kekuasaan di tempat dia diam. "Jadi kalau misalkan ular ini sudah berdiam diri selama empat tahun, Panji kurang setuju. Tanpa makanan dia enggak bakal hidup, dia pasti geser ke tempat lain. Apalagi makanan king kobra ini ular atau reptil lain, seperti biawak. Jadi, kalau misalkan dia enggak makan, dia pasti mati," ungkapnya.

Panji mengungkapkan, seekor ular bisa bertahan hidup tanpa makanan maksimal tiga bulan. "Yang Panji lihat juga, tubuh ular ini kurus. Maksimal, ular bisa menahan lapar dalam waktu kurang lebih tiga bulan tanpa makan. Kalau enggak makan, ya kering badannya, guys," kata Panji.

Loading...

Leave a Comment